Breaking News
Selamat Datang di blog Aneka serba-serbi

Rabu, 17 Mei 2017

Jenis - jenis Media transmisi



JENIS-JENIS MEDIA TRANSMISI

Media transmisi merupakan media yang digunakan untuk mengirimkan informasi atau data dari suatu tempat ke tempat yang lain. Media yang dimaksud adalah media jaringan komputer. Pengiriman data dilakukan dengan mengubah data menjadi kode atau sinyal dan ketika sampai di tempat tujuan sinyal tersebut diubah kembali menjadi data seperti semula.

  •  Macam-macam media transmisi :

1.      Guided transmissin media Guided transmission media merupakan sistem transmisi jaringan yang menggunakan sistem kabel.Jenis-jenis Guided transmissin media :
·      Twisted pair cable
a)      Kabel STP. Berisi dua pasang kabel yang dipilin tiap pasangan. Lebih rentan terhadap gangguan. Kekurangannya pada biaya yang mahal dan kesulitan saat instalansi. Jarak jangkauan hanya 100m.
b)      Kabel UTP. Lebih banyak digunakan karena biaya lebih murah dan mudah dalam penginstalasian. Kekurangannya lebih rentan terhadap gelombang elektromaknetik. Jarak jangkauan hanya 100 m.
·      Coaxial cable
Merupakan jenis kabel yang banyak digunakan untuk mentransmisi sinyal frekuensi tinggi 300Hz keatas. 
1.    Contohnya pada LAN, kabel antena TV. Disebut juga sebagai kabel BNC. Memiliki perlindungan terhadap derau yang tinggi, murah dan mampu mengirim data dengan kecepatan standar(10Mbps-1000Mbps).
·      Optical media
Merupakan saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain. Terdapat 2 jenis serat optik berdasarkan mode transmisinya.
a.    Single mode = mengantarkan data berkapasitas 8.3 sampai 10 mikrometer. Memiliki 1 jenis transmisi berkecepatan tinggi untuk mengantarkan data berkapasitas besar berjarak jauh. 50 kali lebih cepat dari multi mode.
b.    Multi mode = diameter lebih besar, 50-100mikrometer. Digunakan untuk mengatar data besar kecepatan tinggi untuk jarak menengah.

2.      Unguided transmission media Merupakan transmisi media jaringan gelombang. Jenis-jenis dari unguided transmission media :
·      Gelombang mikro
·      Gelombang radio
·      Satelit
·      Infra merah

TERMINOLOGI TRANSMISI
Terdapat istilah dasar yang penting dan perlu dipahami berkaitan dengan sinyal digital dan analog.Berikut ini akan ditinjau secara singkat tentang istilah-istlah dasar tersebut yang dikelompokkan dalam 5 terminologi sebagai berikut :
1.     Terminologi (1)
a.    Cirkuit
Cirkuit  dibentuk oleh media transmisi data yang meliputi kawat (wire), kabel serat optik ( fiber-optik cable ) atau media lain yang tidak mengarahkan aliran dta ( inguided )
b.    Cahannel
Channel adalah jalur trnasmisi atau satu arah ( one-may trans-mission)
c.    Carrier
Carrier adalah sinyal konstan pada sebuah chanel atau circuit pada sebuah channel atau circuit pada beberpa amplito (amplitude) dan frkuensi ( frquency ) tertentu

2.    Terminology (2)
a.    Mudulation
b.    Mudulation merupakan variasi pada amplito( amplitude), frekuensi ( frequency), atau fasa ( phase) pada carrier untuk merefpresentasikan data, informasi,suara, (sound),atau vidio pada sebuah media transmisi
c.    Baud
d.    Baud adalah laju sinyal per detik (second)
e.    Bits per second
   Bps adalah jumlah bit yang melintasi link komunikasi data dalam satu detik.

3. Terminologi (3)
a.    transmiter adalah mesin yang memancarkan sinyal
b.    receiver adalah mesin yang menerima sinyal
c.    medium adalah media penghubung ( link ) anatar mesin yang berkomunikasi.

4.  Terminologi ( 4 )
a.      Direct link adalah hubungan langsung,tidak menggunakan peralatan untuk intermediasi.
b.      Point to point
           Disebut juga dengan satu titik ke satu titik lainnya, atau satu peralatan terhubung dengan satu peralatan lainnya. Dimana satu alat terhubung khusus ke satu alat lainnya. Contohnya adalah komputer yang   terhubung langsung dengan printer
c.       Point to multipoint
             Disebut juga dengan multipoint, dimana pada konfigurasi ini satu alat dapat terhubung ke beberapa alat lainnya (lebih dari satu alat). Contohnya adalah penyiaran radio dari stasiun pemancar yang dihubungkan dengan banyak radio penerima lainnya.

5. terminologi ( 5 )
1.    Simplekx yaitu data ditransmisikan hanya kesatu arah, satu station sebagai transmitter dan lainnya sebagai receiver.contohnya ( siaran TV dan Radio )
2.    Half duplexdata ditransmisikan kedua arah secara bergantian, waktu yang diperlukan mengganti arah transfer data. contohnya ( Sms,chatting )
3.    Full duplex data dapat ditransmisikan kedua arah secara bersamaan.Contohnya ( Telefon Dan Handphone )

MODE TRANSMISI
Transmisi merupakan bagaimana suatu data dapat dikirimkan dari suatu alat dan diterima oleh alat lain. Transmisi ini merupakan salah satu konsep penting dalam sistem komputer sehingga suatu perangkat bisa berkomunikasi dengan perangkat lainnya. Misalnya dari perangkat input ke pemroses, pemroses ke storage, pemroses ke media output, atau bahkan dari suatu sistem komputer ke sistem komputer lainnya. Dikenal dua mode transmisi ini, yaitu: Paralel transmission dan Serial transmission.
a.    Parallel Transmission
Data dikirimkan serentak melalui beberapa jalur sekaligus. Jadi untuk mode transmisi ini, jalur yang tersedia tentu lebih dari satu media transmisi. Data dikirimkan terus menerus melalui jalur-jalur yang disediakan tersebut hingga semua data dapat terkirimkan.
b.    Serial Transmission
Pada serial transmission, jalur yang disediakan hanya satu, dimana data yang ada dikirimkan kan secara bergantian hingga semua data tersebut dapat diterima oleh pengirim. Pada serial transmission ini terdapat metode transmisi, yaitu synchronous transmission dan asynchronous transmission.
1.      Synchronous Transmission
Synchronous transmission ini dikenal juga dengan istilah synchronous transfer mode (STM). Proses pengirim dan penerima diatur sedemikian rupa agar memiliki pengaturan yang sama, sehingga dapat dikirimkan dan diterima dengan baik antar alat tersebut. Umumnya pengaturan ini didasarkan terhadap pewaktuan dalam mengirimkan sinyal. Pewaktuan ini diatur oleh suatu denyut listrik secara periodik yang disebut dengan clock atau timer.Kenapa pengaturan clock ini penting?
clock merupakan suatu yang sangat penting dalam setiap aspek pada komunikasi dengan menggunakan sistem komputer, baik itu pada komputer itu sendiri maupun dengan bagian luar yang terhubung dengan komputer untuk pemrosesan data.
Pada metode ini, clock antar pengirim dan penerima harus benar-benar sama dan akurat. Clock yang ada pada penerima akan memberitahu kepada clock yang ada pada penerima kapan proses serah terima dilakukan. Dengan adanya keakuratan clock ini, clock yang ada pada pengirim dan clock yang ada pada pada penerima akan melakukan proses secara bersamaan.
2.      Asynchronous Transmission
Asynchronous transmission ini sering juga diisitilahkan dengan Asynchronous Transfer Mode (ATM). Mode ini paling sering digunakan untuk mengirimkan dan menerima data antar dua alat. Pada mode ini berarti clock yang digunakan oleh kedua alat, tidak bekerja selaras satu dengan lainnya. Dengan demikian, data harus berisikan informasi tambahan yang mengijinkan kedua alat menyetujui kapan pengiriman data dilakukan. Dengan demikian, proses transfer dapat dilakukan dengan waktu yang berbeda-beda.

METODE TRANSMISI
Metode transmisi yang sering digunakan dibagi menjadi 2,yaitu :

a. Baseband
pada metode ini, data yang berupa sinyal digital langsung dikirim melalui media transmisi satu chanel seperti kabel, tanpa mengalami perubahan apapun.Dengan cara ini maka pengiriman data rergantung pada jarak transmisi dan kualitas media yang digunakan. Pada metode baseband ini dibutuhkan peralatan multi-plexing yang disebut time division multiplekxing ( TDM ).

  •  Keuntungan dari sistem transmisi baseband ini adalah sebagai berikut :

1.      Biaya murah,karena dalam sistem ini tidak diperlukan modem
2.      Bentuk teknologinya sederhana
3.      Mudah dalam instalasi dan maintenance.


  • Kekurangan dari sistem baseband ini,yaitu :

1.      Kapasitas pengiriman data sangat yerbatas karena hanya terdapat satu lintas data, sehingga hanya satu pasang komputer yang dapat berkomunikasi pada saat yang sama
2.      Jarak perjalana sinyal listriknya terbatas
3.      Sambungan kabel ground agak sukar
4.      Untuk area yang luas dibutuhkan biaya instalasi yang mahal.

b. Broadband
Metode ini dugunakan untuk mentransmisikan sinyal analog.Maka apabila dalam bnetuk sinyal digital harus dimudulasikan lebih dahulu menjadi sinyal analog.

  •  Kelebihan dari sistem Broadband ini, yaitu :

1.    Kapasitas pengiriman data cukup tinggi,karena memilki beberapa jalur transmisi
2.    Untuk sistem broadband non kabel,daerah jangkauan lebih luas dengan biaya yang relatif murah.


  • Kekurangan dari sitem ini, yaitu :

1.      Harga modem yang diperlukan relatif mahal
2.      Waktu tunda perjalanan sinyal dua kali lipat dibandingkan  dengan waktu tunda perjalanan sinyal pada sistem baseband
3.      Prosesn instalasi dan maintenance cukup sukar
4.      Untuk media transmisi non kabel,harga frekuensi relatif mahal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By